Penjajah Indonesia

Situs Sejarah Indonesia

Penjajahan Indonesia Bangsa Spanyol

Penjajahan Indonesia Bangsa Spanyol – spanyol juga pernah menduduki wilayah Indonesia. Ekspedisi kerajaan Spanyol untuk menemukan sumber rempah – rempah mendapat dukungan dari kerajaannya untuk menyaingi Portugis yang sama – sama memiliki ambisi menemukan daerah – daerah baru penghasil rempah – rempah. Kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia juga memiliki tujuan yang sama dengan bangsa Portugis diantaranya, mencari daerah baru untuk dikuasai, menyebarkan agama, serta mencari daerah perdagangan rempah – rempah. Berikut ini merupakan pelayaran – pelayaran yang dilakukan bangsa Spanyol untuk mencapai Nusantara.

1. Pelayaran Cristhoper Columbus

Cristhoper Colombus atau terkadang ditulis Cristoforus Columbus lahir di Genoa, Italia pada tahun 1451. Ia merupakan nahkoda yang handal serta dikenal sebagai seorang penjelajah dan pedagang. Ketika gencar – gencarnya bangsa Eropa mencari jalan menuju Asia Timur, ia meyakini bahwa untuk menemukan daratan Asia Timur akan lebih cepat apabila berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik. Rencana ini terkendala dana, maka ia membujuk Ratu Isabella I untuk mendanai ekspedisi ini. Akhirnya disetujui dan Columbus berangkat pada 3 Agustus 1492 di Pelabuhan Paulus Spanyol. Ekspedisi ini berlabuh pertama kali di Kepulauan Canary, lepas pantai Afrika. Selanjutnya pada 6 September pelayaran dilanjutkan ke arah barat. Pelayaran ini beresiko sangat tinggi karena banyak awak kapal yang merasa ingin membatalkan keikutsertaan dalam ekspedisi ini. Namun, Columbus bersikukuh untuk melanjutkan ekspedisi ini. Dengan 120 pelaut dan tiga kapal selama 30 hari, akhirnya Columbus menemukan sebuah daratan yang mereka anggap sebagai India. Daerah tersebut adalah Kepulauan Salvador yang berada di Benua Amerika.

2. Pelayaran Ferdinan Magelhaens

Magelhaens atau Magellan merupakan seorang keturunan Portugis yang telah lama bekerja di pemerintahan Spanyol. Ia memiliki ambisi untuk mencapai daerah penghasil rempah – rempah di Maluku. Pada 10 Agustus 1519, ia bersama lima kapal dan 165 orang berangkat dari Spanyol, kapal yang ditumpanginya dipimpin oleh Kapten Juan Sebastian del Cano. Di dalam kapal Magellhaens terdapat seorang penulis yang bernama Pigafetta dari Italia.

Updated: August 12, 2018 — 2:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penjajah Indonesia © 2018 Frontier Theme
error: Content is protected !!